Tips Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula ( Breeding Love Bird )




suaraburungku.comCara Ternak Lovebird bagi pemula  – Beternak lover bird bisa menjadi kegiatan sampingan yang mengasyikkan, terutama bagi anda yang memang hobi burung ngekek yang satu ini. Namun, bagi penghobi burung lovebird yang masih amatir, beternak atau budidaya lovebird bukanlah sesuatu  yang dapat dilakukan dengan mudah, sebab dibutuhkan ilmu dalam proses beternak, kesabaran, serta harus siap menghadapi berbagai masalah dalam budidayanya. Berdasarkan pengalaman dari para pembudidaya LB yang telah lama berkecimpung, dalam beternak lovebird sudah cukup membuat mereka merasa senang, terlebih lagi ketika masa masa menghadapi seluk-beluk serta pahit getirnya dalam menangkar lovebird telah dapat dilalui dengan mudah.

Sejatinya, dalam Cara Ternak Lovebird bagi pemula bisa dikata gampang-gampang susah, mudahnya  adalah cukup dengan memberikan perawatan pokok secara rutin diantaranya adalah pakan dan minum. Namun, bukan hanya itu saja, sebab ada banyak hal-hal kecil lainnya yang tentunya sangat penting diterapkan dalam perawatan lovebird, bahkan sang penangkar harus memberikan perawatan terbaik, apabila ingin mendapatkan hasil ternak yang baik pula.

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Selain itu permasalahan dalam mengembang biakkan lovebird, tentu harus ditekuni dan dipelajari dengan baik, sebab menjodohkan Burung Love bird juga tidak mudah. Mulai dari menjodohkan, mengawinkan sepasang atau beberapa pasang burung, proses betrelur, perawatan anakan,dan lain sebagainya pastiny akan perlu perhatian khusus. So, Cara Ternak Lovebird bagi pemula akan selalu dibutuhkan kosistensi serta ketelatenan dari si penaNgkar.  Namun Bagi orang yang pada dasarnya memang hobi, maka akan terasa  lebih mudah dalam merawatnya, sebab pada dasarnya hal ini adalah passion buat para penghobi.

Beternak lovebird  / menangkar LB saat ini sudah cukup marak dilakukan, mengingat lovebird termasuk salah satu jenis burung yang ngehits Indonesia. Disamping itu, jika melihat dari sisi nilai ekonimisnya juga terbilang cukup tinggi, sehingga prospek beternak burung lovebird cukup menjanjikan. Tentu tidak perlu heran jika orang yang dulunya hanya sekedar hobi memelihara lovebird sebatas burung kicauan atau hiasan rumah, lalu kemudian beralih menjadi pengusaha ternak lovebird.

Ada banyak peternak lovebird yang berhasil dalam penangkaranya, namnu tidak sedikit pula yang gagal dalam hal ini. Nah, dari sini anda sudah dapat memikirkan secara matang matang serta mempertimbangkan dengan baik, apakah anda benar benar  memiliki tekat yang kuat untuk beternak lovebird, sebab dalam usaha ternak  LB tentu harus siap dengan berbagai resiko. – Cara Ternak Lovebird bagi pemula.

Tips dan Cara Ternak Lovebird bagi pemula agar sukses dan berhasil

Cara Ternak Lovebird bagi pemula yang baik – Ada beberapa bagian terpenting yang musti perhatikan dalam menangkar burung lovebird, diantaranya yaitu memilih indukan yang bagus dan baik dari segi fisik dan tingkah laku, perawatan yang dilakukan selama penangkaran, hingga perawatan untuk anakan yang dihasilkan. Bberikut  adalah tahap-tahap Cara beternak burung lovebird

  1. Cara Memilih indukan lovebird

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Cara Ternak Lovebird bagi pemula pada tahap utama yang menentukan kualitas hasil ternakan anda adalah bagian pemilihan indukan yang berkualitas. Untuk memilih indukan yang tepat, beberapa kriteria yang bisa anda jadikan patokan adalah sebagai berikut.

  • Indukan jantan maupun betina masing-masing berusia minimal 1 tahun.
  • Pastikan kondisi indukan yang dipilih sehat, fit, dan tidak sakit-sakitan.
  • Tidak terdapat cacat fisik.
  • Sebaikanya pilih indukan jantan sudah gacor. ( ini hanya pilihan)

 

  1. Tahap penjodohan lovebird – Cara menjodohkan Love Bird

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Di tahap ini ada salu trik yang umum dilakukan oleh penangkar lovebird untuk membuat lovebird berjodoh secara alami. Caranya adalah mencampurkan banyak lovebird kedalam satu kandang yang besar. Dari cara ini maka kemungkinan akan terjadi perodohan secara alami sehingga anda bisa tahu mana lovebird yang cocok dan telah berjodoh secara alami. Namun bagaiamana jika anda hanya memiliki sepasang love bird ?

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Adapun cara lainya yaitu dengan cara menaruh sepasang lovebird jantan dan betina didalam satu sangkar, namun perlu diberikan sekat. Atau  bisa juga dengan menggunakan dua sangkar lalu mendekatkanya. Dalam satu sangkar di masukan lovebird jantan, dan sangkar yang satuny lagi dimasukkan lovebird betina. Setelah beberapa hari ketikan sering didekatkan biasanya Lovebird yang telah  berjodoh akan menjukkan prilaku yang romantis, diantaranya: mereka akan saling berdekatan, saling beradu paruh, serta saling perhatian atau saling menyahuti kicauan

  1. Menyediakan Kandang/Sangkar Penangkaran

Cara Ternak Lovebird bagi pemula Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Cara Ternak Lovebird bagi pemula tahap selanjutnya yaitu menyediakan kandang yang baik. Terdapat 2 jenis kandang yang biasanya digunakan oleh para penangkar burung kicau, yaitu kandang single serta kandang koloni. menggunakan kandang single berukuran 90 x 60 cm  Biasanya menjadi pilihan bagi para pemula. Sedangkan untuk kandang koloni lebih besar dan panjang, bisanya diisi 5 pasang lovebird. Glodok sarang dengan ikuran 20 x 20 x 25 cm juga diletakkan dalam kandang tersebut, kemudian perlu untuk menghindarkan sarang dari sinar matahari langsung. Setelah sarang glodok telah disediakan maka anda juga bisa menyediakan rumput-rumput kering, kayu kecil, kapas, serabut kelapa, dan lain sebagainya untuk dipungut oleh Burung dengan sendirinya dan dijadikan sarang. Beberapa sarana pelengkap dalam kandang burung love bird Wadah pakan

  • Wadah minum
  • Karamba untuk mandi
  1. Pemberian pakan

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Panduan Cara Ternak Lovebird bagi pemula – Pakan lovebird untuk ternakan umumnya masaih sama dengan pakan lovebird biasanya, yaitu dapat berupa biji millet, biji sawi, kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, dan lain Sebagainya.  Ada baiknya jika diberikan pakan secara bervariasi atau secara gantian, cara ini dilakukan agar love bird tidak merasa bosan dengan menu harian mereka. Pemberian multivitamin tambahan yang mengandung nutrisi lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizinya tidak lupa juga untuk diberikan agar lovebird tetap dalam keadaan sehat serta tampil prima sehingga birahi menjadi tinggi dan perkawinan pun dapat terjadi.

  1. Proses pengeraman telur

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

kondisi yang nyaman dan aman tanpa gangguan apapun dibutuhkan oleh lovebird ketika dalam masa pengeraman telur. Untuk itu, anda harus bisa mengkondisikan lovebird dengan cara menjauhkan atau menghindarkannya dari berbagai macam hal yang berpotensi mengganggu kelancaran selama pengeraman, seperti: semut, tikus, kucing, anjing, kecoa, sampah, anjing, bahkan lalu lalang banyak orang.

Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Umumnya, daya tetas telur Love bird tergantung sang indukan betina serta  kondisi lingkungan disekitarnya. Love Bird memiliki masa mengerami telur kurang lebih 25 hari. Penting untuk mengetahui bahwa apabila indukan lovebird betina sedang dalam proses pengeraman telur, maka jangan sekali kali anda menyentuh telurnya, sebab dapat brakibat kegagalan penetasan.  Selain itu Perlu juga anda perhatikan, bahwa apabila lovebird telah mengerami telurnya selama 25 hari, tapi belum ada satu telurpun yang menetas, maka telur dipastikan gagal menetas. Hal ini biasanya dipengaruhi dari kualitas pakan, indukan, telur yang tidak dibuahi serta lingkungan yang mengganggu.

  1. Penetasan dan perawatan anakan

Cara Ternak Lovebird bagi pemula Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Cara Ternak Lovebird bagi pemula – Ketika telur-telur lovebird sudah menetas, maka selanjutany anda bisa membiarkan anakan LB diloloh oleh indukannya. Namun jika anda ingin indukan dapat segera bertelur kembali, maka anda bisa mengeluarkan anakan dan melolohnya dengan sendiri, namun sebaiknya tunggu hingga anakan berusia 10 hari. Khusus untuk yang masih pemula maka ada baiknya jika anakan diloloh oleh indukanya sendiri, sebab meloloh anakana burung juga bukan perkara yang mudah dilakukan.

Video Cara Ternak Lovebird bagi pemula

Demikianlah beberapa uraian mengenai Cara Ternak Lovebird bagi pemula, Semoga Bermanfaat.