Panduan Cara Ternak Lovebird Koloni untuk pemula




suaraburungku.comCara Ternak Lovebird Koloni  – Popularitas Burung Lovebird kian melambung tinggi,hal ini pun terbukti oleh banyak nya kicau mania yang ingin beternak atau menangkar burung lovebird. Harga burung  lovebird relatif terjangkau namun ada pula yang memiliki harga yang cukup menggiurkan disebabkan oleh keunikan dari warna yang dimilikinya.  Sehingga banyak para penangkar senior  tergiur untuk menciptkan warna warna unik baru dalam penangkaran burung ini dengan mencoba beberapa eksperimen, salah satunya yakni dengan Cara Ternak Lovebird Koloni / budidaya Lovebird sistem Koloni . Selain itu anda pun bisa membaca artikel dasar mengenai Cara ternak lovebird Bagi pemula breeding Lovebird

Adapun Manfaat Cara Ternak Lovebird Koloni yakni sebagai berikut:

  • Cara Ternak Lovebird Koloni Lebih ideal tetunya untuk Anda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas
  • Meminimalisir tingkat stress pada burung lovebird yang diternak
  • Lebih minim biaya dalam pengadaan kandang, sebab hanya menggunakan satu kandang namun ukuran disesuaikan dengan jumlah burung yang akan ditangkarkan.
  • Dalam perawartan akan lebih mudahserta lebih mengefisienkan waktu anda.
  • Burung bisa memilih pasangannya sesuai dengan selera yang mereka inginkan masing masing.

Pada sistem satu pasang atau satu kandang merupakan sitem kebanyakan yang diterapkan di Indonesia dalam membudidayakan burung ini. Padahal dengan Cara ternak lovebird koloni memiliki banyak kelebihan selain itu lebih mengefesienkan waktu, tenaga serta perawatanya.

Karakter burung lovebird lebih dominan setia terhadap pasangannya, olehkarenanya burung ini diberi sebutan burung cinta. Nah, bagi anda yang masih pemula dalam menangkar lovebird ada baiknya memulai beternak lovebird dengan cara ternak lovebird koloni. Adapun penjelasan singkat tentang budidaya lovebird sistem koloni yakni sebagai berikut :

Cara ternak lovebird koloni untuk pemula / Budidaya lovebird sistem koloni

Cara Ternak Lovebird Koloni

Ada banyak hal yang harus Anda mengerti  apabila Anda mau terjun di dunia penangkaran love bird. Dengan mengikuti metode cara yang telah kami tulis dibawah ini maka Anda dapat menghasilkan anakan lovebird yang banyak namun hanya membutuhkan biaya yang relatif murah.

Adapun hal hal yang harus dipahami ketika akan beternak lovebird antara lain:

Memilih Indukan Lovebird yang siap kawin

Dalam memilih jenis lovebird untuk diternakan anda harus yakin dan paham tentunya. Adapaun rekomendasi penulis, sebaiknya memilih jenis lovebird yang cukup diminati di pasaran, misalnya jenis lovebird jenis kacamata atau klep. Selain itu perhatikan pula umur, warna dan juga panjang ekor lovbird, sebab hal ini dapat memberi pengaruh pada efisiensi ternak yang akan lebih cepat untuk menghasilkan anakan lovebird.

Cara Ternak Lovebird Koloni

Mencari tahu perbedaan antara lovebird jantan dan betina

Seacara fisik tentu dapat dibedakan anatara lovebird jantan maupun betina. Untuk lovebid jantan memiliki ciri yang tampak berdiri tegak dengan ujung ekopr  yang sedikit lancip. Apabila diraba akan terasa kaku ketimbang lovebird betina. Untuk lovebird jantan sebaiknya memilih indukan yang selalu mengeluarkan bunyi dan sering menarik perhatian.

Adapun ciri pada lovebird betina yakni memiliki badan yang lebih bulat, ketika berdiri tampak menahan berat badan namun tidak setegak lovebird jantan. Lovebird jantan juga memiliki perilaku yang beda dari lovebird jantan, yakni lovebird betina tidak banyak tingkah. Pada bagian ujung ekor seperti mengotak atau melebar. Jika hendak memilih indukan betina, sebaiknya memilih berdasarkan umur. Apabila jantan berumur 1 tahun, maka sebaiknya  memilih burung betina yang masih berumur 10 bulan. Dengan metode tersebut proses penjodohan akan lebih mudah.

Baca Juga : Cara Membedakan Jenis Kelamin Love Bird secara akurat

Cara Ternak Lovebird Koloni

Menyiapkan Kandang Ternak Lovebird koloni

Sebagai contoh apabila anda menyiapkan 3 ekor burung jantan maka sediakan 5 ekor burung betina atau bisa pula dengan perbandingan yang sama untuk menggunakan metode ini. Adapun kandang yang disarankan yakni kandang berukuran panjang 2 meter, serta tinggi 2 meter dan lebar 1,5 meter. Semntara itu, tempat pakan sekaligus tempat minum dapat tempatkan berdekatan dengan kamar untuk bersarang.

Cara Ternak Lovebird Koloni

Anda harus Tahu bagaimana cara menjodohkan dan mengawinkan Lovebird

Apabila  kandang telah selesai dibuat, maka tahap selanjutnya yakni memasukan indukan lovebird jantan terlebih dahulu kedalam kandang koloni. Lalu biarkan lovebird jantan memilih sarang godokan dengan sediri, sesuai dengan yang mereka sukai. Setelahnya  baru masukan lagi indukan betina lovebird. Untuk penggunaan susuhan atau sarang alas dapat Anda beli pada toko burung yang ada didaerah anda.

Baca Juga : Cara Mengawinkan Love Bird 1 jantan 3 betina ( Teknik Poligami )

Cara Ternak Lovebird Koloni

Perawatan Lovebird Pasca bertelur

Apabila burung Lovebird telah bertelur, paling tidak membutuhkan waktu sekitar 18 hari untuk telur-telurnya dapat menetas. Untuk pakan tambahan, Anda dapat memberi mereka pelet ayam yang dicampur dengan bubur bayi, serta tidak melupakan pemberian milet dan jagung. Ada rumor yang beradar, bahwasanya ketika dalam proses pengeraman maka kita tidak diperkenankan untuk membuka-menutup kandang sebab dapat memberi pengaruh kurang baik dalam proses pengeraman. Padahal, nyatanya kita dituntut agar senantiasa mengecek keadaan indukan ketika dalam fase pengeraman. Apabila indukan tampak kurang fit, maka anda dapat memberi multivitamin dengan mencampurnya pada ransum pakan agarkesehatannya selalu terjaga sehingga pengeraman diharapkan berhasil dengan baik.

Cara Ternak Lovebird Koloni

Penanganan pasca menetas

Ketika fase ini  telah dicapai, maka anda perlu berhati-hati. Sbaiknya biarkan saja indukan merawat anakan yang dihasilkan hingga anaknya dapat keluar dari sangkar dengan sendiri. Andapun wajib memberikan pakan tambahan berupa pelet dan bubur bayi kering pada indukan sebagai bahan lolohan untuk anaknya.

Cara Ternak Lovebird Koloni

Penting juga untuk Anda ketahui bahwa 1 indukan lovebird dapat memberi  anakan antara 2-4 ekor. Tentu lumayan bukan? Nah, adapun ketika anakan burung lovebird disapih maka harus ada makanan lembut sebab usus mereka belum bisa mencerna biji-bijian yang bertekstur keras. Anda dapat memberikan jagung muda yang telah dipasrah lalu dimix dengan pelet. Setelah brumur kurang lebih 2 minggu, maka Anda baru bisa memberikan milet maupun makanan tambahan lain.

Cara Ternak Lovebird Koloni, semoga bermanfaat