Cara merawat anis merah macet bunyi dengan Tepung Cabai




suaraburungku.comCara merawat anis merah macet bunyi – Halo rekan kicau mania ? apakah anda salah satu majikan dari burung anis merah ? Nah, pada halaman ini kita akan fokus membahas mengenai permasalahan pada burung anis merah, terutama pada permasalahan menurunya performa burung ini dalam berkicau, aliat macet bunyi. Nah, untuk cara merawat anis merah macet bunyi, bisa dilakukan dengan pemberian Cabai merah.

Walau memeiliki rasa yang pedas dan pnas di lidah, namun kenyataanya Cabai merah merupakan tanaman sayuran yang kaya vitamin C dan tentu sangat baik untuk tubuh. Faktanya si cabai merah memang terasa pedas namun jika pada burung sepertinya rasa pedas dan panas tersebut tidak begitu mereka rasakan, sebab pada dasaranya burung tidak memiliki reseptor rasa sehingga tidak merasakan efek panas dan pedas dari cabai.

Nah, adapun salah Cara merawat anis merah macet bunyi, yakni dengan memberikan anis merah tepung cabai. Pemberian cabai merah pada pakan burung sebenarnya telah dilakukan oleh kicau mania lover sejak dahulu kala. Bahkan kabar baiknya dengan memberikan cabai merah pada burung anis merah bisa membuatnya menjadi burung yang rajin berkicau, namun pada beberapa orang juga menampakkan hasil yang beragam. Namun sebagian besar mengemukakan pendapat mereka bahwasanya  ada perubahan pada burung piarannya setelah diberi pakan yang mengandung cabai, misalnya burung yang semula malas bunyi menjadi lebih rajin berbunyi, atau burung yang semula kurang aktif menjadi lebih aktif.

Tidak sampai disitu saja, Ada banyak penggemar anis merah percaya kalau burung bakalan atau burung yang macet bunyi  dapat berubah menjadi lebih aktif dan lebih mudah terangsang untuk bunyi sesudah diberi pakan yang mengandung cabai. Namun, katanya perubahan tersebut tidak bisa nampak seketika, melainkan butuh waktu yang bertahap. Nah, gimana anda tertarik dengan Cara merawat anis merah macet bunyi dengan Tepung Cabai. Jika anda tertarik anda bisa membuat tepung cabai dengan mengikuti panduan yang ada dibawah ini.

Cara merawat anis merah macet bunyi Menggunakan Tepung cabai

Cara merawat anis merah macet bunyi

Cara merawat anis merah macet bunyi dengan tepung cabai




  • Siapkan beberapa cabai: boleh cabai merah, cabai rawit, atau paprika, atau kombinasi ketiganya.
  • Kupas cabai menggunakan pisau, lalu buang bijinya agar cabai lebih cepat kering dan bisa digunakan.
  • Membuang biji dari cabai agar nantinya cabai lebih cepat dikeringkan
  • Buang biji cabai agar proses pengeringan lebih cepat.
  •  Panggang cabai dalam oven dengan api sedang selama 5 – 8 menit, atau sampai cabai mengering.
  • Ilustrasi cabai yang sudah kering
  • Ilustrasi cabai yang sudah kering.
  • Cabai yang sudah kering dimasukkan ke dalam blender, lalu digiling hingga menjadi tepung.
  • Tepung cabai yang sudah kering
  • Tepung cabai yang sudah kering

Apabila hasil gilingan dirasa belum kering, maka Anda dapat mengeringkannya lagi dengan cara dijemur ataupun dipanggang dalam oven selama kurang dari 5 menit. Sesudah  itu, angkat lalu dinginkan, kemudian disimpan dalam toples dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Cara menggunakan tepung cabai untuk anis merah

Apabila  Anda menggunakan tepung cabai yang dijual di pasar atau warung dalam bentuk sachet, porsinya cukup separo sachet dicampur 1 sendok voer burung. Jika menggunakan tepung cabai buatan sendiri, porsinya 1 sendok tepung cabai dicampur dengan 1/2 sendok voer burung. Perlu anda ketahui jika menggunakan tepung cabai sachet yang dikemas dipasaran, sebenarnya boleh boleh saja, namun efek jangka panjang tidak baik bagi burung piaraan sebab barang kemasan pasaran kebanyakan mengandung banyak bahan kimia serta pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.

Lanjut ke Waktu pemberian yang tepat yakni saat burung sedang diembunkan. Tepung cabai ada baiknya jangan diberikan ketika matahari sudah terbit cukup tinggi, atau jangan melewati pukul 07.00. Setelah jam tujuh pagi, pakan bisa diganti dengan pakan biasanya.

Panduan ini anda harus lakukan secara rutin selama beberapa minggu, atau hingga terjadi perubahan signifikan terhadap anis merah yang macet bunyi. Umumnya dalam waktu beberapa hari atau minggu (tergantung kondisi burung), perubahan pun dapat terlihat.

Semoga bermanfaat.