Cara merawat anis merah biar cepat bunyi ngeplong Teler




Memiliki burung yang sangat digemari memang membuat kita makin bersemangat dalam melatih anis merah biar cepat gacor dan ngeplong. Pemberian pakan tambahan berupa Extra Fooding atau EF menjadi salah satu cara yang umum dilakukan para rekan kicau mania selama ini untuk memancing Anis merah agar mau Bunyi. Fokus mereka hanya pada ( EF) Ekstra fooding sehingga beberapa perawatan lainnya menjadi terabaikan.

Hasilnya dapat ditebak, yakni Anis merah menjadi rajin bunyi tapi hanya sebatas ngeriwik saj. Sementara itu jika dilihat dari aspek suara kicauan, maka belum tampak ada perkembangan yang begitu signifikan. Padahal yang diharapkan adalah anis merah rajin bunyi ngeplong Teler. Namun pada dasarnya untuk membuat anis merah rajin bunyi ngeplong serta tampil maksimal, anda hanya perlu melakukan perawatan yang simple namun tentu harus dibarengi dengan penerapan atau settingan pakan yang tepat pula.

Baca juga :

 

Selain itu, cara yang paling ampuh untuk membuat burung anis merah merah biar cepat bunyi ngeplong teler yakni dengan membuatnya merasa nyaman serta aman. Ketika mereka merasakan kenyamanan serta di dukung dengan perawatan dan pemberian extra fooding yang benar maka burung ini akan mudah untuk mengeuarkan performa terbaiknya.

Namun, ada banyak rekan kicau mania yang mengabaikan hal tersebut dan hanya terpaku pada pemberian EF saja. Sehingga Anis merah yang dipelihara tidak kunjung bunyi ngeplong apalagi teler, namun hanya sebatas rajin ngeriwik.

Nah, untuk Cara merawat anis merah biar cepat bunyi ngeplong teler yang lebih rinci lagi, maka anda bisa menerapkan cara cara yang kami tuliskan dibawah ini.

Panduan Tips Cara merawat anis merah biar cepat bunyi ngeplong Teler

  1. Full kerodong

Cara merawat anis merah biar cepat bunyi  yang pertama yakni dengan menerapkan full kerodong pada sangkarnya. Hal ini bertujuan untuk membuat burung anis merah merasa aman dan nyaman ketika berada pada lingkungan yang tidak memadai. Contohnya saja pada lingkungan yang terlalu ramai oleh lalu-lalang dan aktivitas manusia, jalan sempit, atau sering dilalui hewan-hewan liar seperti kucing dan tikus.

Agar memberikan hasil yang efektif, maka ada baiknya burung anis merah dikerodong selama empat hingga lima hari dalam seminggu. Dan selebihnya tidak diberikan kerodong, sebab pada hari tersebut anis merah akan mendapat perawatan lain berikutnya seperti pengembunan, mandi, dan jemur.

  1. Gantang sangkar di tempat yang nyaman

Cara merawat anis merah biar cepat bunyi  yang kedua yakni dengan selalu memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan di mana Anda akan menggantang sangkar anis merah. Ketika melakukan hal ini disarankan untuk tidak menggantung sangkar pada tempat angin datang atau sumber angin sebab burung anis merah hanya menyukai hembusan angin pelan atau sepoi sepoi, ( bukan angin kencang ), bahkan jauhkan pula dari dapur apalagi ada kegiatan memasak disana.

Adapun tips yang bisa anda lakukan untuk merangsang anis merah mengeluarkan bunyi ngeplong teler yakni sangkar digantang di dekat sumber air mengalir, atau lokasi yang berisik tapi tidak terlalu ramai. Misalnya dekat pesawat televisi atau suara radio.

  1. Kroto dan mandi malam

Cara merawat anis merah biar cepat bunyi  yang ketiga yakni dengan pemberian Kroto serta mandi malam. Pemberian kroto dapa mempercepat proses ngeplong anis merah. Adapun waktu pemberian yakni diberikan saat sore atau malam hari (setelah mandi malam), sebelum burung tersebut diembunkan saat keesokan harinya.

  1. Pengembunan

Cara merawat anis merah biar cepat bunyi  yang ke empat yakni pengembunanan setelah beberapa hari berada dalam kondisi full kerodong.  Pengembunan akan menjadi perawatan pembuka yang mengawali sisa-sisa hari berikutnya tanpa kerodong. Saat inilah biasanya anis merah akan tertantang untuk membuka suaranya secara lebih lantang.