Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird ampuh dan tepat




suaraburungku.com – Cara Menyembuhkan penyakit mata lovebird  & Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird – Penyakit snot Secara umum adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena virus maupun bakteri yang menyerang kedalam tubuh seperti halnya pada mata burung lovebird. Penyakit mata pada burung Lovebird (snot) cukup sangat menghantui para pecinta burung LB trutama pada burung lovebird muda. Penyakit mata ini tentu harus di waspadai sebab apabila tidak ditangani dengan tepat maka akan memberi dampak buruk pada daya tahan tubuh burung. Jika penanganan snot terlambat maka kematian pada burung cukup sering terjadi, pada kasus ini.

Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird

Penyakit Mata (Snot) ini mempunyai gejala awal yakni pada bagian mata burung yang berair dan pada tepi matanya berwarna agak kekuning-kuningan. Namun, jika penyakit ini telah cukup parah maka mata akan tampak bengkak, timbul benjoal, berair, dan pandangan yang kabur, dan jika tetap saja diabaikan  bisa berakibat fatal pada burung Anda.

Baca Juga :



Untuk pengobatan sakit mata pada lovebird ada baiknya Anda lakukan dengan segera mungkin sebelum penyakit yang diderita tersebut semakin parah dan susah untuk disembuhkan, Anda dapat melakukan pengobatan sendiri dengan mengikuti panduan cara berikut:

Untuk Pengobatan Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu dengan menggunakan herbal dan cara yang kedua dengan cara non herbal.

Rendamlah kain pada air hangat

Bersihkan dahulu pada area sekitaran mata burung lovebird dengan memakai kain yang telah direndam pada air hangat, kemudian siapkan air rebusan daun sirih lalu teteskan pada mata yang terkena snot. Air rebusan daun sirih diyakini mengandung antibiotik yang bisa membunuh bakteri penyebab snot. Selanjutnya Anda bersihkan mata burung Lovebird dengan menggunakan kain tersebut, untuk temperatur kain disarankan tidak terlalu panas atau pun dingin.

Adapun cara yang non herbal Anda bisa memulai dengan meneteskan obat mata ataupun salep mata yang khusus untuk mengatasi penyakit snot, Silahkan cari info terlebih dahulu tentang obat apa yang paling cocok untuk jenis burung Anda. Usahakaninfo yang anda cari berasal dari orang yang berpengalaman serta pernah sukses dalam menyembuhkan penyakit snot pada burung lovebird.

Setelah itu terapkanlah obat tetes mata dengan tujuan supaya mata LB menjadi yang normal dan sehat serta tidak tertular keburung lainya. Untuk frekuensi perawatannya Anda bisa lakukan setiap sekali se hari, dan waktu melakukannya saat pagi atau pun sore hari.

Burung yang memiliki sakit mata biasanya akan berpengaruh pada perilaku burung tersebut, contohnya burung akan mematuk matuk disekitar area pakan sebab burung kesulitan untuk melihat makanan, Maka dari itu kita harus melakukan perawatan khusus sebagai berikut :

Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird

Memisahkan atau karantina burung yang sadang mengalami sakit mata, Penyakit snot sebab dikawatirkan penyakit ini akan menular dengan cepat pada burung sejenis. Selain itu, pemisahan burung  dimaksudkan agar proses penyembuhan burung dapat lebih cepat, serta tidak menular ataupun tertular kembali dengan burung yang sakit.

Burung yang sakit sebaiknya tida disemprot atau dimandikan.

Mengurangi proses penjemuran burung.  Yakni cukup 10 menit saja , itupun penjemuran burung dilakukan saat pagi hari antara jam 06.00 – 06.10. Melakukan penjemuran burung sakit  diperlukan Sebab burung sangat memerlukan asupan vitamin D.

Pembersihan kandang adalah wajib dilakukan supaya virus yang masih menempel di kandang serta tangkringan burung bisa segera hilang.

Letakkan kandang atau sangkar wajib pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Untuk pemakain obat anda bisa menggunakan yaitu Erlamycetin Untuk Hewan

Salep Erlamycetin juga dapat dipakai untuk mengatasi penyakit mata pada hewan bahkan untuk kucing. Salep Erlamycetin juga lebih baik digunakan untuk hewan ketimbang dengan terramycin yang mengandung oxytetrasiklin 1%. Untuk iritasi ringan pada hewan sebaiknya gunakan tetes erlamycetin 2 tetes sehari.

Garamycin juga bisa menjadi salah satu cara lain dalam mengobati penyakit mata pada hewan. Penggunaannya oleskan 2-3 kali dalam sehari. Cara Mengobati Penyakit Mata Snot Pada Lovebird, SEMOGA BERMANFAAT