Cara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak




suaraburungku.comCara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak – Cukup sering terjadi kasus dialami oleh beberapa kicaumania, dimana lovebird yang mereka pelihara mengalami perubahan perilaku secara mendadak. Pada awalnya burung selalu tampak kalem dan rajin ngekek namun tiba tiba berubah menjadi sangat galak bahkan malas bunyi. Hal ini tentu membuat pemilik merasa khawatir, apalagi jika burung yang mengalami kasus tersebut sengaja dipelihara untuk dilombakan. Namun kicaumania tidak perlu merasa risau berlebih sebab ada beberapa alternatif, Cara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak, Mau tau ? Simak detailnya dibawah ini.

Penyebab dan Cara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak

Cara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak

Sejatinya ada faktor yang mengakibatkan burung lovebird yang awalnya kalem dan rajin bunyi kemudian berubah menjadi malas ngekek dan tampak galak.

Secara umum masalah ini muncul terkait dengan kondisi lovebird yang tengah over birahi (OB), penanganan yang kurang tepat (misalnya terlalu berlebihan memberi extra fooding / EF yang dapat meningkatkan birahinya), menjemur lovebird  yang terlalu lama, jarang dimandikan, selain itu bisa juga akibat burung stres sebab terlalu lama sendirian alias tidak ada teman / pasangan.



Baca Juga :

Perubahan perilaku tersebut tentu dapat merugikan pemilik selain itu performa lovebird juga kian menurun. Lovebird yang sengaja dipelihara untuk dijadikan masteran murai batu atau cucak hijau, tiba tiba saja menjadi jarang ngekek akibatnya proses pemasteran burung lain menjadi terhambat. Yang parahnya lagi apabila kasus ini terjadi pada burung lomba, akan banyak mengurangi penilaian.

Adapun Cara mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak sebagai berikut.

Memandikan burung lebih sering daripada biasanya, agar perilaku agresifnya dapat berkurang. Namun dalam hal ini anda harus tetap memperhatikan kondisi cuaca.

Setelah burung dimandikan, anda bisa menjemurnya dengan durasi 30 – 60 menit saja. Penjemuran dapat menggunakan kandang umbaran, atau bisa juga dalam sangkar hariannya. Lepas itu, tempatkan sangka beserta burung ditempat yang teduh.

Pemberian pakan utama bisa dengan milet putih. Adapun pemberian pakan tambahan / ekstra fooding berupa jagung dan kangkung yang dapat diberikan beberapa kali dalam seminggu.

Ketika menjelang  Sore hari, setelah dimandikan kemudian diangin-anginkan, lalu selanjutnya sangkar dikerodong agar burung bisa bristirahat.

Bila perlu, Burung bisa Lovebird dapat menjalani terapi mandi malam ketika dimalam hari, Namun anda harus memperhatikan kondisi suhu maupun cuaca saat itu. Jangan salah langkah sebab bisa berakibat fatal.

Adapaun penanganan burung malas ngekek dan galak akibat stres lantaran terlalu lama sendirian, tentu obat yang paling mujarab yakni menyediakan teman atau pasangan. Cukup menggantungkan kedua sangkarnya scara berdampingan ketika malam hari, dan tempatkan secara berjauhan pada pagi hari hingga siang harinya, supaya burung dapat kembali gacor seperti sediakala.

Namun jika  anda belum memiliki dana untuk membeli lovebird sebagai teman / pasangannya, maka alternatif lain yang dapat anda lakukan yakni dengan menyediakan mainan didalam sangkarnya.

Itulah beberapa tips mengatasi lovebird jarang ngekek karena galak. Jika kondisi dapat pulih seperti sediakala, maka pola perawatan dituntut lebih diperhatikan terutama dalam hal pemberian pakan, mandi dan jemurnya. Semoga bermanfaat.