Cara Mengatasi anis merah yang susah ngeplong dan hanya ngeriwik




Mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong  – Ketika merawat burung anis merah dari tahap awal untuk dijadikan burung kicauan tentu akan selalu ditemukan berbagai kendala. Bahkan jika ditemui keadaan dimana burung anis merah telah dirawat begitu lama, namun hasilnya ia hanya ngeriwik saja dan tidak mau menunjukkan performa ngeplong, maka kondisi ini bisa membuat stres pemiliknya.

Ada banyak tuduhan yang biasa diberikan ketika kondisi diatas dialami. Salah memilih burung anis merah, burungnya burung betina, dan berbagai tuduhan lainnya. Akhirnya, jalan terakhir yang dipilih adalah menjualnya dengan harga yang murah pula. Namun cerita baru ditangan pemilik baru jauh berbeda, pasalnya burung yang gak mau ngeplong ketika berpindah tangan di pemilik baru malah mau bunyi dan mengeluarkan suara ngeplongnya, bahkan teler.  Mengapa bisa demikian ? ya tentu ada kesalahan dalam perawatan yang dilakukan pemilik lama.

Baca Juga:

 

 

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Burung anis merah, dapat tampil dengan maksimal jika diberikan perawatan yang tepat. Memang tidak mudah untuk memelihara burung yang satu ini sebab ia memiliki karakter yang cukup berbeda dengan burung kicau lainnya. Jika sebagian besar burung kicau lainnya dapat dengan mudah dipancing untuk berbunyi, namun lain halnya dengan anis merah. Sehingga beberapa rekan kicau mania berpendapat bahwa, “kesabaran” harus dipertahankan ketika merawat burung ini dari nol.

Mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong

Mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong dengan benar

Berikut adalah beberapa kiat mengembalikan anis merah agar mau ngeplong dari yang tadinya hanya ngeriwik saja, silakan disimak:

  1. Pakan harian ditingkatkan

Pakan tambahan / extra fooding (EF) sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan harian yang menunjang aktivitas hampir semua jenis burung kicauan, termasuk anis merah. Untuk itu, perlu diperhatikan pemberian pakan tambahan agar terpenuhi sehingga kondisi anis merah tidak terganggu dan tetap mau berkicau ngeplong. Apabila dikemukan kasus burung hanya ngeriwik dan tidak mau ngeplong, maka meningkatkan pemberian pakan tambahan atau EF sangat membantu.

 

Jenis jenis EF yang dapat diberikan pada burung anis merah antara lain: cacing tanah, larva serangga, ulat hongkong, jangkrik, kroto, dan buah-buahan seperti pisang kepok, apel merah, salak, pepaya, dan sawo.

  1. Menempatkan pada suasana yang tenang

Penempatan sangkar sangat penting dan berpengaruh pada kicau burung termasuk anis merah. Biasanya kondisi anis yang tidak tenang dapat dilihat dari suara ngeriwik yang dikeluarkan, coba pindahkan sangkar ke tempat yang lebih nyaman dan dapat dilihat kalau dia mulai mengeluarkan suara ngeplongnya.

Perlu diperhatikan pula, jika selama ini Anda memberikan korodong pada sangkar di malam hari, maka coba dibuka saja tanpa kerodong. Kondisi anis yang tidak tenang pada siang hari biasanya akan berkicau dan ngeplong bila malam hari dengan suasana tenang dan sangkar tenpa kerodong.

  1. Memancing birahi dengan mengumpulkannya dengan burung sejenis

Ada baiknya pula mengumpulkan beberapa anis merah baik yang sudah ngeplong maupun yang masih ngeriwik untuk memancing birahinya, sehingga diharapkan dengan berkumpul beberapa burung tersebut akan memancing agar anis mau ngeplong dan teler.

Itulah tadi beberapa kiat yang dapat Anda coba untuk mengatasi anis merah yang hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja, harapannya kita dapat saling berbagi pengalaman sehingga memberikan tambahan wawasan untuk sesama pecinta burung kicauan.