Cara membedakan pleci jantan dan betina dari suaranya lengkap




Untuk sobat kicau mania yang masih bingung bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina dari suaranya maka kali ini kita akan kupas tuntas mengenai cara mengenali pleci betina dan jantan dilihat dari warna bulu dan suara gacoran burung pleci tersebut. Hal ini sangat penting mengingat bagi yang masih awam soal pleci, kedua jenis burung ini nampak sama saja kalau dilihat sepintas, sehingga tidak jarang kita terkecoh dari penampilan pleci yang terlihat sangat menarik, namun setelah susah payah dipelihara dalam waktu yang lama ternyata pleci tersebut adalah pleci betina.

Untuk mengenali yang mana pleci jantan dan yang mana betina maka kita perlu melihat lebih jauh kedua burung tersebut, kalau ada wakt luang akan lebih baik jika memberi waktu dan membedakan suara yang keluar dari ocehannya sehingga akan ketahuan kedua jenis tersebut untuk mengenali jenis kelaminnya lebih lanjut.

Meskipun dilihat dari segi postur tubuh dan warna bulunya terbilang sama, antara pleci jantan dan betina masih ada celah untuk membedakannya, dengan mengenali suara kicauan maka dapat dikenali yang mana jantan dan betina. Misalnya untuk pleci jantan, maka kita dapat mengamati dalam waktu yang singkat. Biasanya pleci jantan kalau dipelihara akan cepat keluar gacoran ngeriwik, cepat buka paruh dan mental relatif lebih bandel.

Perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya

Melihat lebih jauh mengenai perbedaan pleci jantan dan betina dari suaranya rasanya perlu kita kaji lebih lanjut, karena para penghobi mulai dituntut untuk lebih mengetahui apa dan bagaimana ciri ciri peci jantan dan betina dilihat dari kebiasaan, bentuk tubuh dan suara kicauan dari pleci itu sendiri.

Ciri ciri tersebut antara lain:

Pleci jantan apabila dipelihara dalam waktu relatif cepat akan mulai buka paruh, ocehan ngeriwik dan mental bandel

Sedangkan pleci betina akan memakan waktu lebih lama sampai mulai berbunyi, dan mental sedikit kalah dibanding jantan

Selain dari suara, kita dapat mengenali tingkah laku pleci itu sendiri, untuk membedakan jenis kelaminnya. Sehingga memudahkan untuk mengenali jenis kelamin pleci tersebut, bagaimana dapat mengenali lebih lanjut, maka dituntut pengamatan dan percobaan yang tidak sebentar.

Para penjual burung dipasaran dan penangkar biasanya memiliki kiat sendiri dalam membedakan jenis kelamin pleci, berikut diantara tips yang mereka lakukan:

Mengamati tingkah laku pleci jantan:

  1. Pergerakan yang agresif dan lincah menjadi salah satu ciri khas pleci jantan
  2. Ketika kita coba semprot memakai air, maka bulu pada bagian atas kepala akan terangkat ke atas layaknya bulu jambul, serta perubahan pada pupil mata yang akan mengecil

Mengamati tingkah laku pleci betina:

  1. Cenderung pasif dan pendiam dibandingkan  pleci jantan
  2. Ketika kita semprot air, maka bulu jambul tidak nampak

Dari beberapa tanda diatas tentu kita sudah dapat mengamati yang mana pleci jantan dan mana betina. Sehingga tidak akan keliru dalam membedakan kedua jenis kelamin pleci ini, untuk keperluan tertentu memang diperlukan pengamatan yang jeli sehingga dapat membaca dengan tepat apakah itu pleci jantan atau betina.

Baca pula Inilah suara pleci betina dada kuning sedang birahi

Beberapa tanda lain untuk membedakan pleci jantan dan betina:

  1. Pleci jantan memiliki paruh yang lebih pendek, sedangkan betina nampak
  2.  lebih panjang
  3. Ekor pleci jantan nampak lebih panjang dan membentuk pola huruf V, sedangkan pada betina ekornya lebih pendek
  4. Pleci jantan dewasa memiliki warna bulu yang lebih pekat dibandingkan betina
  5. Pleci jantan memiliki klep mata yang tebal dan putus-putus, sedangkan pada betina klep mata menyambung
  6. Dilihat dari tempurung kepala, pleci jantan memiliki ukuran kepala lebih besar dibandingkan betina

Demikian yang dapat suaraburungku.com sampaikan pada kesempatan kali ini, tentunya kami akan terus menambah pengetahuan akan pleci peliharaan yang dapat dijadikan sebagai penambah wawasan sobat kicau semua. Harapannya apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat dan kita dapat saling bertukar wawasan untuk sama-sama mengetahui apa yang terbaik bagi burung kesayangan. Sehingga semakin banyak pengetahuan atau koleksi suara pleci yang akan menambah warna bagi dalam dunia perplecian.