4 Cara agar lovebird cepat bertelur dalam beberapa hari




Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai cara agar lovebird cepat bertelur dalam beberapa hari sehingga memberikan harapan baru bagi para pecinta lovebird yang ingin mengembangbiakkan burung kesayangannya. Untuk beternak lovebird memang bukan hal mudah bagi para penghobi yang masih awam atau pada penangkar yang baru merintis hobi burung lovebird.

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang cukup banyak peminatnya, harga jual anakan lovebird pun relatif mahal sehingga banyak yang berusaha melakukan budidaya lovebird dengan memelihara sepasang lovebird dan berharap lovebird segera kawin yang pada akhirnya akan bertelur dan menetas. Namun banyak pula yang kecewa karena apa yang didapatkan tidak sesuai keinginan hati, bukannya berkembang biak, namun ternak lovebird mengalami kegagalan karena burung jantan dan betina tidak mau dijodohkan, ini ditandai dengan pasangan burung tersebut yang tidak mau birahi.

Beberapa jenis lovebird sendiri memiliki kisaran harga yang bervariasi, mulai umur 4 bulan sudah bisa dijual dengan kisaran harga ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Kalau burung sudah menginjak masa remaja harganya lebih mahal lagi, hal inilah yang melandasi banyaknya penghobi melirik budidaya lovebird dengan harapan akan mendapatkan keuntungan lebih besar dengan menjual anakan lovebird tersebut.

Lantas bagaimana cara supaya lovebird cepat bertelur?

Pada dasarnya cara ternak lovebird bukanlah perkara yang sulit terutama jika kita sudah mengerti karakteristik dari burung ini, juga kebiasaan hidup yang akan menjadikan dia merasa nyaman pada sangkar yang baru. Sehingga dengan rumah yang nyaman dan lingkungan sesuai, maka tidak memerlukan waktu lama sehingga sepasang lovebird mulai berjodoh, yang pada akhirnya akan berkembang biak.

Sebenarnya dalam artikel sebelumnya suaraburungku.com sudah membahas mengenai persiapan untuk beternak lovebird sampai perawatan supaya lovebird cepat berjodoh, silakan yang belum membaca supaya melihat tulisan tersebut disini Panduan ternak lovebird yang baik dan benar

Bagi yang sudah membaca tautan pada tulisan tersebut mungkin mulai mengerti gambaran atau garis besar dalam memperlakukan lovebird supaya tidak stress, dan cepat berjodoh ketika dipasangkan sehingga memberikan peluang untuk dapat bertelur secepatnya.

Beberapa kiat mempercepat lovebird agar segera bertelur:

  1. Memperhatikan pemasangan kotak sarang, diusahakan untuk menyesuaikan besarnya kotak sarang yang dipasang. Tidak dianjurkan untuk menggunakan kotak sarang yang terlalu besar, juga tidak boleh kekecilan karena akan membuat lovebird tidak dapat bergerak leluasa. Pemberian serutan kayu atau potongan jerami akan memberikan kesenangan pada lovebird sehingga lambat laun dia akan mengatur ulang penataan sarang tersebut, dan akhirnya akan mulai bertelur.
  2. Menempatkan pasangan lovebird lain yang sudah produktif, maksudnya kita dapat menempatkan dua pasang lovebird dalam satu ruangan. Yang satu sudah produktif dan mau bertelur, maka pasangan yang belum bertelur akan terpancing untuk segera bertelur karena mendengar suara lovebird betina yang sudah bertelur tadi.
  3. Pengaturan pola makan lovebird, ketika kita memberikan asupan makanan yang tepat maka hal ini akan mempercepat lovebird bertelur. Makanan yang baik pada masa lovebird bertelur adalah kacang-kacangan, tulang sotong, kangkung, biji kuaci, tauge, dll.
  4. Pemberian suplemen makanan tambahan, kalau memungkinkan dapat pula memberikan suplemen tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi lovebird.

Demikian beberapa kiat yang dapat dilakukan, tentunya selalu ada tips menarik lainnya yang akan mempengaruhi sehingga lovebird cepat bertelur dalam beberapa hari setelah dijodohkan. Ini tergantung bagaimana kita merawat dan memperlakukan lovebird tersebut sehingga diperoleh keadaan yang paling sesuai dan bagus untuk kelangsungan lovebird kedepannya.